Resep Gulai Tempoyak Durian Khas Bengkulu

773 views

Resep Gulai Tempoyak Durian - Mungkin anda yang bukan berasal dari sumatra tentu sangat asing dengan salah bahan untuk membuat masakan khas Bengkulu ini. Seletah sebelumnya kita memberikan resep masakan khas Padang yaitu gulai kikil yang enak, makanan khas yang satu ini juga termasuk salah satu masakan yang nilmat.

Resep Gulai Tempoyak Durian Khas Bengkulu

Gulai tempoyak durian khas Bengkulu.

Bagi Anda yang masih asing dengan nama tempoyak, tempoyak adalah bahan masakan yang terbuat dari durian bisa anda bayangkan betapa nikmatnya makanan tersebut, eits tapi buat Anda yang kurang atau bahkan tidak suka dengan durian mungkin Anda bisa juga mencoba masakan ini karena beberapa teman yang tidak suka dengan durian malah suka dengan gulai tempoyak ini. Penasaran bukan?, berikut kami sajikan detail cara untuk membuat masakan khas bengkulu ini.

Bahan Resep Gulai Tempoyak Durian

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep gulai tempoyak durian khas Bengkulu adalah:

Cara Membuat Gulai Tempoyak Durian

Langkah-langkah cara membuat gulai tempoyak durian khas Bengkulu adalah sebagai berikut:

  1. Pertama anda siapkan buah durian yang matang, nah kemudian anda pilih durian local untuk mendapatkan hasil tempoyak yang baik. Namun jika anda menggunakan jenis durian montong maka hasilnya agak kurang bagus karena durian montong terlalu banyak mengandung air dan gas.
  2. Lalu anda pisahkan biji durian dari daging buahnya, yang dibutuhkan untuk bahan tempoyaknya yaitu daging dari duriannya.
  3. Kemudian anda berikan sedikit garam untuk memberi rasa asin pada daging durian, tanpa menghilangkan rasa manisnya dan kemudian anda aduk hingga merata.
  4. Tambahkan sedikit cabai rawit yang sudah diulek. Aduk daging duriannya hingga rata. Selain menambahkan rasa pedas, cabai rawit juga dapat mempercepat proses fermentasi.
  5. Setelah selesai, anda simpan daging durian yang sudah diaduk tadi kedalam wadah tertutup (lebih baik gunakan topless dan simpan pada suhu ruangan).
  6. Biasanya proses fermentasi durian (menjadi tempoyak) berlangsung selama 3-5 hari.
  7. Nah setelah anda menunggu proses fermentasi selama 3-5 hari, silahkan anda nikmati tempoyaknya.

Simple dan tidak terlalu ribet tapi memilik rasa yang nimat. Untuk masakan ini kalau bisa sehari habis, maksud saya rasanya mulai berkurang jika disajikan lebih dari satu hari atau anda panaskan. Selamat mencoba gulai tempoyak durian khas Bengkulu.

Tags: #Buah Durian

Leave a reply "Resep Gulai Tempoyak Durian Khas Bengkulu"